Tips Perawatan Burung Kenari Sebelum Lomba Berkicau

Tips Perawatan Burung Kenari Sebelum Lomba Berkicau 

Mempunyai kenari yang bersuara keras dan lagunya panjang ditambah dengan materi lagu yang indah adalah impian para hobies kenari. Dan bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya seakan tidak mempedulikan apakah burung kenari tersebut berjenis lokal atau impor. Punya mental juara dan selalu lebih ngotot saat mendengar burung kenari lain yang sama-sama gacor, hal tersebut yang menjadi modal utama burung kenari anda sebelum terjun di arena lomba burung ocehan khususnya burung kenari. Akan tetapi ada juga yang memiliki burung kenari yang sudah gacor tor dan saat diturunkan di arena malah melempem tidak mau berkicau atau performa tidak maksimal hanya sesekali berbunyi dan banyak ngetemnya.

Hal tersebut disebabkan mental dari burung kenari tersebut belum stabil karena belum terbiasa dengan atmosfir lomba yang begitu ramai. Biasanya burung hanya diam sesekali bunyi dan hanya melihat kenari yang lain, akibat kekurang PEDE an dari burung kenari tersebut. Untuk mengatasinya anda bisa melatih mental burung kenari anda dengan menempelkanya pada kenari yang sudah terbiasa atau sudah mapan, biasanya burung kenari yang masih muda bisa menirukan burung kenari yang sudah mapan. Agar terbiasa dengan atmosfir lomba, anda bisa mengajak burung kenari anda di arena latber walaupun tidak turut serta, sekedar untuk adaptasi dengan suasana keramaian dan suara burung lain.  Dalam menggantangkan jangan hanya terpaku pada satu tempat, gantangkan pada tempat yang berbeda-beda. Burung yang kondisinya ideal atau sehat/ fit sangatlah cepat beradaptasi dengan keadaan sekitar. Adapun kenari yang kurang kontrol dalam berkicau disebabkan karena terlalu over birahi, biasanya ditandai dengan menabrak sangkar, untuk mengatasinya biasanya para hobis melakukannya dengan mengawinkan burung kenari tersebut sebelum turun lomba, akan tetapi jangan terlalu banyak mengawinkan karena dikuatirkan saat turun lomba malah ngedrop. Ada juga yang dengan memberikan mentimun untuk menurunkan birahi pada burung kenari tersebut. Bisa juga dengan mengurangi menu pakan harian pada burung kenari tersebut sebelum terjun ke arena lomba. Burung kenari yang terlalu over birahi terkadang disebabkan oleh ekstra food yang terlalu berlebihan seperti misal telur, kroto dan lainnya. Sering mengumbar dalam sangkar yang besar juga bisa mengurangi birahi, selain itu burung kenari juga bisa berolahraga supaya lebih memiliki nafas yang panjang yang nantinya akan sangat berpengaruh pada suara daripada burung kenari tersebut menjadi lebih keras dan panjang. Jangan memaksakan burung kenari anda untuk mengikuti lomba jika kondisi burung belum 100 persen ideal untuk terjun ke lomba, masih banyak waktu untuk memperbaiki burung kenari anda agar lebih siap terjun di arena. Sekian semoga bermanfaat bagi anda.

This entry was posted in Burung Kenari and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>