Tips Merawat Burung Kenari Saat Musim Hujan

Tips Merawat Burung Kenari Saat Musim Hujan

Burung kenari kadang tidak tahan dengan hawa yang terlalu dingin, apalagi pada saat musim hujan yang berkepanjangan. Pada saat seperti ini lah sangat rawan untuk burung kenari mudah terkena serangan penyakit jika anda salah dalam merawat burung kesayangan anda. Berikut tips merawat burung kenari pada saat musim hijan.

1. Jangan memberi pakan biji-bijian terlalu banyak, sesuaikan takaran yang pas, karena pakan biji ini pada saat hawa dingin dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri, apalagi jika di daerah pegunungan yang cuacanya sangat dingin, jamur dengan mudahnya bisa tumbuh subur. Alangkah baiknya jika anda mengganti pakan setelah 6 jam. Dalam memberikan sayuran pun jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan diare pada burung kenari anda. Jangan sekali-kali membiarkan sayuran membusuk didalam sangkar. Sebaiknya ambil dan buang sisa pakan dari sayuran dan buah-buahan tersebut.

2. Berikan air minum yang bersih dan baiknya air matang, dan sebaiknya jangan terlalu banyak, tujuannya untuk menghindarkan kenari dari mandi yang sampai basah kuyup karena cuaca sangat dingin yang menyebabkan burung anda masuk angin hehehehehe….hindarkan dari hembusan angin secara langsung. Sebaiknya jika minum sudah kotor langsung saja diganti yang bersih.

3. Selalu menjaga kebersihan sangkar, apalagi saat burung kenari mengeram, karena saat induk kenari mengeram, kotorannya lebih banyak dan biasanya lebih encer. Sebaiknya dibersihkan sehari satu kali. Pada saat cuaca dingin kotoran kenari susah mengering, hal ini menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur pada sangkar burung kenari anda. Selain itu bersihkan juga ruangan tempat ternak burung kenari anda. Jangan lupa bersihkan juga tempat tangkringan pada burung kenari, perlu diingat bahwa kaki kenari sanga sensitif, apalagi pada saat cuaca sangat dingin, tangkringan yang kotor sangat mudah ditumbuhi jamur dan bakteri. Hampir semua hobis kenari dan pemula selalu mengeluh dengan kaki kenari yang selalu diangkat satu, hal ini disebabkan karena tangkringan yang kotor, sehingga kaki burung kenari pada awalnya terasa gatal dan mulai mencucuknya dan akhirnya terjadi pembengkakan pada kaki burung tersebut.

4. Berikan lampu penerangan yang cukup agar burung kenari anda sedikit lebih hangat dan nyaman. Biasanya dengan memberikan bola lampu berukuran 5 watt pada sangkarnya khususnya untuk kenari anakan dan yang sedang mengeram. Untuk yang khusus pejantan bisa juga anda dengan mengkerodongnya.

5. Jika anda ingin mejemur burung anda akan tetapi tidak ada panas sama sekali, cukup anginkan saja, dan kerodong buka separuh saja tujuannya hanya untuk sirkulasi udara saja dan ingat jangan terlalu lama.

6. Berikan pakan ekstra yang cukup, perlu diingat jangan terlalu banyak memberikan telur yang mengakibatkan kegemukan pada burung kenari anda.

Demikian semoga bermanfaat bagi anda hobis kenari, kalau kurang ditambahi ya hahahahahahaha…..

This entry was posted in Burung Kenari and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Tips Merawat Burung Kenari Saat Musim Hujan

  1. In a similar sense, businesses would be wise to provide their workers
    something to unite under. You can run your online business perfectly
    in case you become cordial to the customers. A well-developed business plan is like
    your blueprint for victory.

    Look at my site … http://vipminigames.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>