Tips Mengatasi Burung Kenari Terlalu Gemuk

Tips Mengatasi Burung Kenari Terlalu Gemuk

Ada beberapa tips untuk mengatasi kegemukan pada burung kenari kesayangan anda, caranya yaitu dengan dilakukannya diet pada kenari anda. Bisa dengan tidak dengan memberikan pakan pokok pada kenari berupa biji-bijian tetapi hanya diberikan pakan berupa sayur-sayuran bisa berupa timun atau sawi putih selama 3 sampai 7 hari berturut-turut. Biasanya lemak pada burung kenari tersebut akan berkurang, bisa ditengarai dengan warna perut pada burung tersebut sudah tidak menguning lagi, dan makanan pokok berupa biji-bijian bisa anda berikan lagi. Bisa juga dengan cara memasukkan burung kenari anda ke dalam sangkar umbaran, yaitu dengan memaksa burung tersebut untuk selalu terbang, seperti halnya olah raga, cara tersebut juga akan membakar lemak pada tubuh kenari anda, bisa juga anda berikan buah-buahan atau sayuran pada sangkar umbaran tersebut sebagai asupan pada burung anda. Seperti halnya pada manusia diet tanpa gerak lemak susah untuk dihilangkan.

Selain hal di atas ada beberapa alternatif lain yang bisa anda lakukan dengan menjemur akan tetapi dikerodong, dan sebaiknya saat menjemur anda wajib menunggunya, untuk mengetahui berapa lama burung kenari anda tahan pada saat dijemur.  Dengan mengontrol takaran pada makanan burung tersebut, bisa anda berikan dengan 1 sendok teh biji-bijian dan untuk ekstra fooding harus betul-betul anda perhatikan, jangan memberikan telur atau CD terlalu banyak karena akan membuat proses diet burung kenari anda jadi percuma. Semua cara di atas bisa anda lakukan, akan tetapi jika burung hanya diberi makan cuma sayur atau buah saja akan mengganggu kondisi dari burung kenari tersebut bisa-bisa malah drop dan sakit. Seperti yang anda ketahui bahwa burung kenari makanan pokoknya adalah biji-bijian maka sebaiknya dalam proses diet tetap anda berikan, dengan mengontrol pakan pokok tersebut.

Tips Merawat Burung Kenari Anda Pada Saat Mabung 

Mabung atau bisa juga disebut rontok bulu (moulting) adalah siklus alamiah yang dialami setiap jenis keluarga burung. Dalam merawat burung kenari pada saat mabung merupakan hal yang sangat penting, jika anda salah dalam perawatan maka burung kenari anda menjadi rusak dan malas berbunyi. Pada masa pergantian bulu atau mabung metabolisme tubuh burung kenari sangat membutuhkan asupan nutrisi yang sangat memadai, bahkan porsinya lebih tinggi daripada saat pada saat kondisi normal, kebutuhan pakan serta ekstra fooding sangat diperlukan untuk memenuhi proses metabolisme tersebut. Perhatikan pemberian pakan serta ekstra fooding, pada saat-saat mabung porsi pemberian pakan bisa anda tambahkan. Dalam penjemuran sebaiknya sebentar saja, paling lama bisa selama 30 menit, hal ini berguna agar kenari untuk menghindari kegemukkan pada burung kenari, karena pada saat mabung seperti ini burung cenderung makan lebih banyak, setelah dijemur bisa anda angin-anginkan sebentar lalu dikerodong. Karena pada saat mabung burung kenari lebih banyak diam dan mendengar maka bisa anda master sesuai dengan karakter suara dari burung kenari tersebut. Ada juga burung kenari pada saat mabung masih saja gacor dan masih birahi, sebaiknya jangan anda kawinkan, karena akan menghambat proses mabung atau rontok bulu dan menjadi lebih lama. Akan tetapi pada burung kenari betina pada saat mabung ada juga yang masih dikawinkan selama burung kenari betina tersebut masih birahi, menurut beberapa orang tidak masalah, asal jangan burung kenari jantan saja. Menurut anda bagaimana? Terima kasih semoga bisa menjadi masukan bagi anda, salam roller mania ….

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>