Kenapa Burung Kenari Membuka Paruh Lebar (Mangap)?

Kenapa Burung Kenari Membuka Paruh Lebar (Mangap)?

Bagi anda penggemar burung kenari pasti tidak asing dengan burung kenari yang sering membuka paruh lebar-lebar atau mangap-mangap. Sebetulnya bukan hanya kenari saja yang mengalaminya akan teapi burung yang lain juga akan mengalami hal yang sama. Untuk mengetahui mengapa burung kenari anda mengalami hal tersebut anda harus mengetahui penyebabnya, jika dikarenakan karena habis dijemur maka hal itu adalah wajar, karena biasanya burung kenari setelah dijemur setelah dua jam maka akan membuka mulutnya lebar-lebar alias mangap-mangap untuk mengeluarkan hawa panas yang terlalu berlebihan yang ada dalam tubuh burung kenari tersebut, atau juga jika saat cuaca panas yang begitu ekstrim, walaupun saat ditempat yang teduh pun burung akan membuka paruhnya lebar-lebar. Ini merupakan reaksi yang alami bagi burung kenari tersebut dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Jika anda menjemur maka anda harus memantau kondisi dari burung kenari tersebut, jika sudah membuka paruh lebar atau mangap-mangap anda harus secepatnya untuk menempatkan burung kenari anda pada tempat yang teduh untuk menghindari dehidrasi dan stress akibat kepanasan.

Jika burung kenari anda membuka paruh lebar / mangap-mangap akan tetapi dalam kondisi tidak dijemur, maka hal ini malah menjadi pertanyaan, bisa jadi burung kenari anda terserang penyakit. Cara bernafasnya pun terlihat berat dan apabila ditempelkan pada telinga anda, akan terdengar seperti bunyi ngorok, ditambah jika hidung selalu basah atau berlendir dan mata terlihat berair dan sayu dan sering bersin, bisa jadi burung kenari anda terkena infeksi dari tungau kantung udara, kenari anda terkena penyakit asma, radang saluran pernafasan dan adanya cairan lendir yang mengganggu proses pernafasan. Itu semua bisa diakibatkan seperti udara kotor atau tercemar, contohnya bakaran sampah, asap knalpot dan lain-lain. Penyebab lainnya yaitu kurangnya kebersihan kandang, gas amonia yang keluar dari kotoran burung kenari lama-lama akan mengganggu pernafasan dari burung kenari anda. Juga bisa dikarenakan air dan makanan yang bercampur dengan kotoran burung kenari itu sendiri, karena kurangnya kebersihan dari kandang tersebut juga bisa mengundang tungau kantung udara.

Kenari yang sering membuka mulut

Untuk mencegahnya anda bisa melakukan dengan selalu menjaga kebersihan kandang, selain itu juga bisa mengkerodong burung kenari anda di saat angin bertiup sangat kencang, hindarkan dari asap yang mengganggu. Semoga bermanfaat bagi anda kenari mania ….

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>