Jenis Cacing Pengganggu Burung

Jenis Cacing Pengganggu Burung 

Berbagai macam jenis cacing serta akibat yang ditimbulkan kerap kali ditemukan dalam tubuh burung, di antara yang banyak ditemukan seperti cacing tenggorokan, cacing gelang, cacing gelang dan cacing rambut. Berikut ini adalah jenis cacing pengganggu burung antara lain:

Cacing tenggorokan (Syngamus trachea)

Ditandai dengan seringnya menggoyangkan kepala serta menghilangkan lendir yang keluar dari lubang hidungnya, burung sering bersin seakan lubang hidung tersumbat. Hal tersebut disebabkan oleh parasit cacing. Cacing tenggorokan ini hidupnya di sekitar tengggorokan yang bisa menyumbat saluran pernafasan yang bisa menyebabkan kematian pada burung kesayangan anda.

Cacing rambut (Capillaria sp

Ditandai dengan menderita diare, cacing rambut ini hidup dalam mukosa usus yang menyerap sari makanan melalui darah yang dihisapnya. Cacing ini bisa menyebabkan kematian pada burung, jika salah satu terkena maka bisa menjalar pada burung yang lain. Infeksi bisa melalui pakan, minuman dan tanah yang sudah tercemar oleh telur cacing. Cacing rambut ini sangat bandel dan terkadang susah untuk diobati. Cacing yang satu ini sering menyerang burung love bird, parkit, kenari dan unggas seperti ayam dan itik. Dalam sangkar koloni biasanya penularan diakibatkan karena memakan kotoran yang sudah terinfeksi oleh cacing yang satu ini.

Cacing gelang (Ascaridia sp.)

Serangan cacing gelang menyebabkan kurang darah. Ekskresi buangan dari parasit yang satu ini menyebabkan burung inang keracunan, dan kebiasaan dari cacing gelang yaitu bergerombol pada usus menyebabkan usus menjadi tersumbat dan akhirnya menyebabkan burung mati.

Cacing pita (Cestoda

Burung terlihat lesu dan pucat dan tidak mau makan, sedikit diare. Sering membuka paruhnya seperti terlihat kehausan. Perantaranya adalah lalat dan siput darat.

 

This entry was posted in Burung Kenari, Info Kenari, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>