Biji-Bijian Dan Sayuran Untuk Burung Kenari Anda

Biji-Bijian Dan Sayuran Untuk Burung Kenari Anda

Jika anda sebagai pemula yang suka akan kicauan burung kenari tentunya harus mengetahui jenis biji-bijian dan sayuran untuk pakan burung kenari. Pakan burung berupa biji tersebut bisa anda dapatkan di pasar-pasar burung bisa berupa kemasan maupun bisa berupa kiloan. Jika anda membeli biji-bijian kiloan untuk pakan burung kenari anda, hendaklah memilih yang memiliki kualitas bagus, biasanya pakan kiloan masih bercampur dengan kotoran, dan agar lebih bersih maka anda dapat merendam biji-bijian tersebut didalam air, biji yang memiliki kualitas bagus biasanya tidak mengapung, dan ditanam masih bisa, sedang biji yang mengapung biasanya tidak berisi. Cuci hingga bersih lalu dijemur. Setelah kering dan bersih, pakan tersebut bisa anda berikan pada burung kenari anda atau sebelum anda berikan biji-bijian tersebut bisa anda goreng sangan sebelum anda berikan pada burung kenari anda.

Biji-bijian yang bisa anda berikan untuk burung kenari kesayangan anda antara lain:

1. Kenari seed atau biji kenari, atau disebut Kanarium Memmum berbentuk gepeng dan runcing ujungnya. Berwarna mengkilat kuning ke abu-abuan, dan paling baik untuk pakan burung kenari biasanya yang sudah tua, kulitnya mudah terlepas dan biji yang sudah jelek kualitasnya berwarna kehitam-hitaman, dalam biji kenari terdapat kandungan protein 14,4%, lemak 6,4, serta 55,3% hidrat arang.

2. Millet seed atau biji milet atau Gierst / Panicum Miliaceum berwarna coklat dan ada yang putih, akan tetapi kenari burung kenari kurang menyukai biji tersebut, biji milet biasanya digunakan untuk menggemukkan burung yang kurus, kandungan biji milet antara lain lemak 4,2 % protein 11,3 % dan hidrat arang 60,5 %.

3. Niger seed, berwarna hitam dan berbentuk lonjong tipis, biasanya niger sangat disukai burung kenari, karena berfungsi sebagai penghangat tubuh saat cuaca dingin. Niger sifatnya sangat mudah disisil sehingga anakan burung kenari sangat suka akan biji ini.

4. Biji sawi atau  Brassica Rugosa bentuknya bulat dan berwarna hitam, kulitnya pun tipis, biji sawi ini banyak mengandung vitamin A.

5. Jewawut atau Panikum Viride jangan pernah meragukan khasiat dari jewawut ini karena kandunganya mendekati jagung dan beras, terdiri dari 9,8 % protein, dan hidrat arang 75%, Selain itu juga mengandung cukup banyak zat kapur yang sangat dibutuhkan burung kenari betina saat akan bertelur. Dan biasanya burung kenari yang masih muda susah untuk makan biji yang satu ini, karena biji ini sangat keras, dan burung kenari yang sudah dewasa menggunakan biji ini untuk menumpulkan paruhnya yang runcing.

6. Biji Selada atau Lactuca Satipa adalah biji dari pohon selada, bentuknya gepeng, runcing agak memanjang dan berwarna hitam. Biasanya biji digunakan untuk mempengaruhi bulu-bulu burung kenari yang berwarna hijau.

7. Biji Lobak atau Raphanus Satipas warnanya merah kecoklatan, kulitnya tipis sehingga mudah dikupas. Burung kenari suka akan biji ini karena rasanya yang pahit dan pedas mengandung minyak apalagi indukan yang sedang meloloh anakan. Biji tersebut sangat bagus untuk kenari muda karena biji ini sifatnya mudah dicerna.

8. Linseed atau Linim Usitatissimum biji ini sangat jarang digunakan hobis kenari, juga dalam pakan kenari kemasan pun biji yang satu ini terkadang tidak ada. Kandungan yang ada dalam Linseed adalah 21,9 persen protein, juga mengandung lemak sebesar 34,6 % dan hidrat arang 24,6%. Biji ini biasanya diberikan pada saat udara sangat dingin.

9. Biji Fumayin atau biji hennep atau Cannabis Sativa bentuknya yang seperti merica dan kulitnya sangat keras, licin dan berwarna putih, biasanya jika sudah dalam pakan kemasan sudah di masak sangan sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi burung kenari anda. Akan tetapi lebih baiknya anda pecahkan terlebih dahulu untuk memudahkan burung kenari. Rasanya yang enak sehingga burung kenari sangat menyukainya, di kalangan hobis kenari biji ini terkenal untuk mendongkrak performa burung saat akan di gantangkan atau untuk mendongkrak birahi. Biji yang satu ini juga mengandung perangsang dan termasuk dalam keluarga ganja dikarenakan mengandung candu.

10. Haver atau Avena Sativa  yaitu semacam jewawut berkulit keras juga baik untuk menumpulkan paruh. Biasanya juga ditumbuk terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung kenari untuk mempermudah memakannya. Sebagai obat sakit perut dan sangat berguna untuk pencernaan. Di dalam biji haver ini terkandung protein sebesar 11,3 % lemak sebesar 5,6 % dan hidrat arang sebesar 56,9 %.

Selain hal di atas anda juga bisa menambahkan biji matahari, jangan memberikan biji yang sudah diolah menjadi kuaci. Biji matahari mengandung lemak tak jenuh, selain itu juga berguna sebagai anti oksidan.

Sedangkan sayur-sayuran yang bisa anda berikan pada burung kenari anda antara lain yaitu selada, gambas atau oyong, sawi atau sosin, bayam, wortel dan timun (jika kenari anda sedikit berlemak biasanya timun adalah sayuran diberikan pada burung kenari.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Biji-Bijian Dan Sayuran Untuk Burung Kenari Anda

  1. andriyana says:

    Burung kenari saya kurang suka biji-bijian om… Yang paling di sukanya hanya telor aja sama sayur-sayuran, kalo terus-terusan dikasih telor setiap hari saya takut kenari saya kegemukan & kurang fitamin.
    Bisa kasih saran ga om agar kenari saya doyan makan biji-bijian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>