Beberapa Penyebab Telur Kenari Infertil

Beberapa Penyebab Telur Kenari Infertil 

Jika anda sering menjumpai telur burung kenari kesayangan anda tidak menetas atau sering menghasilkan telur yang infertil, bisa jadi tips dibawah ini bisa menjadi solusi untuk pasangan burung kenari kesayangan anda yang tak kunjung menghasilkan piyikan dikarenakan telur yang infertil. Beberapa penyebab telur infertil antara lain:

  • Pasangan tersebut baik jantan maupun betinanya belum mencapai dewasa secara sexual.
  • Belum cukup umur, dan salah satunya belum mencapai birahi tinggi.
  • Adanya gangguan secara hormon pada indukan betina
  • Indukan baik jantan maupun betina bulu-bulu halusnya di sekitar kloaka yang terlalu lebat.

 Untuk solusi yang pertama sebetulnya sangat mudah, untuk sementara pisahkan terlebih dahulu pasangan burung kenari tersebut sampai keduanya benar-benar matang secara sexual, setelah keduanya sudah menunjukkan tanda-tanda ingin dikawinkan atau birahi bisa anda campurkan kembali dalam satu sangkar.

Yang kedua hanya membutuhkan kesabaran anda, biasanya jika salah satunya tidak mencapai birahi yang tinggi cukup diganti dengan indukan yang sudah birahi, jika burung kenari jantan sudah cukup umur tapi tidak mau birahi cukup dengan memberikan asupan makanan yang berkualitas untuk mendongkrak birahi.

Gangguan hormon sangat berpengaruh pada fertilitas kedua burung kenari kesayangan anda, jangan sesekali mengawinkan kenari jantan anda pada saat mabung walaupun kenari jantan anda memiliki birahi yang sangat tinggi, hal tersebut terkadang menghasilkan telur yang infertil, selain itu biasanya membuat proses mabung lebih lama. Akan tetapi jika jika yang mabung kenari betinanya terkadang masih bisa untuk dikawinkan asal kenari betina tersebut masih punya birahi yang tinggi dan dalam kondisi yang sehat.

Sedangkan yang terakhir cukup dengan mengurangi bulu-bulu halus disekitar kloaka dengan cara memotong sehingga tidak menutupi lubang anus. Hati-hati dalam memangkas bulu-bulu halus tersebut sebaiknya memakai gunting yang kecil untuk mempermudah proses dalam memotong bulu terebut.

Hal Yang Menyebabkan Burung Kenari Susah Berjodoh

  • Perbedaan usia yang terlalu jauh, biasanya burung kenari jantan yang masih muda sering ciut nyalinya saat dikawinkan dengan betina yang usianya lebih tua daripada jantan tersebut. Ada juga sich yang berhasil akan tetapi membutuhkan waktu yang relatif lama.
  • Perbedaan warna juga sangat mempengaruhi proses penjodohan terutama jika karakter burung kenari anda adalah lebih suka memilih-milih pasangan, ini sangat membutuhkan kesabaran anda dalam proses penjodohan.
  • Kelainan hormonal seperti tidak mempunyai birahi, kelainan pada indung telur dan lainnya.
  • Kebiasaan atau karakter dari burung tersebut, seperti betina yang mempunyai suara atau kicauan layaknya pejantan sehingga membuat pejantan ciut nyalinya, kebiasaan mencabik-cabik atau sifat kanibalisme, kebiasaan betina yang lebih menyukai sangkar diletakkan dilantai dan lainnya.
  • Burung kenari yang baru saja dewasa, pada saat masa pertama kali dijodohkan atau istilahnya masih tembean. Ini sangat membutuhkan kesabaran anda.

Semoga bermanfaat bagi anda kenari mania…salam sukses.

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>